Kamis, 01 Oktober 2009

arsitektur PC modern





saya akan menjelaskan min 4 bagian dari PC modern ini yaitu GPU ( graphics processing unit ), HDD ( harddisk drive), processor, memory dan monitor



Sebuah graphics processing unit atau GPU (juga kadang-kadang disebut unit pemrosesan visual atau VPU) adalah sebuah prosesor khusus grafis 3D yang offloads render dari mikroprosesor. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis, dan struktur paralel yang sangat mereka membuat mereka lebih efektif daripada tujuan umum CPU untuk berbagai kompleks algoritma. In a personal computer, a GPU can be present on a video card , or it can be on the motherboard .

  • Sebuah GPU (Graphics Processing Unit) adalah sebuah prosesor terpasang pada kartu grafis yang didedikasikan untuk menghitung floating point operasi
  • Sebuah kebiasaan menggabungkan akselerator grafis microchip yang berisi operasi matematika khusus yang biasa digunakan dalam rendering grafis. Efisiensi karena itu microchip menentukan efektivitas akselerator grafis. Mereka terutama digunakan untuk bermain game 3D atau high-end untuk render 3D.
  • Sebuah GPU mengimplementasikan sejumlah grafis primitif operasi dengan cara yang membuat mereka berlari lebih cepat daripada gambar langsung ke layar dengan host CPU. Operasi yang paling umum untuk awal grafik komputer 2D termasuk BitBLT operasi (mengkombinasikan beberapa bitmap pola menggunakan RasterOp), biasanya dalam perangkat keras khusus yang disebut "blitter", dan operasi untuk menggambar persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan busur. GPU modern juga memiliki dukungan untuk komputer grafis 3D, dan biasanya mencakup video digital yang berhubungan dengan fungsi. 
HARDDISK atau HARDDISK DRIVE disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari  perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU.


MEMORY FISIK merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada  komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang.

MONITORr adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar